TUGAS
Pengertian
Administrasi Kepegawaian
Disusun
Oleh :
Noviola
Nuraini
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TARAKAN
KOMPETENSI
KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN
2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
karunianya saya dapat menyelesaikan
proposal yang berjudul “Pengertian Administrasi Kepegawaian.”
Saya
juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guru pembimbing saya yang telah
banyak memberikan masukan selama saya mengerjakan tugas
ini
Saya pun menyadari bahwa di dalam
proposal ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh
sebab itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang
kurang berkenaan.
Tarakan, 08 Agustus 2017
Noviola Nuraini
DAFTAR ISI
Halaman Judul......................................................................................... i
Kata Pengantar........................................................................................ ii
Daftar Isi.................................................................................................... iii
1.
Pengertian Adm.
Kepegawaian ............................................................................ 1
2.
Pengertian Adm
Dan Kepegawaian................................................................... 2
3. Pengertian Adm.Kepegawaian Para Ahli........................................................ 3
Daftar Pustaka......................................................................................... 8
1.
Pengertian Umum Administrasi Kepegawaian
Administrasi kepegawaian ialah segala macam bentuk kegiatan atau aktivitas
yang berhubungan dengan masalah pemakaian tenaga kerja atau pegawai untuk
mencapai tujuan. Sedangkan tujuan dari administrator adalah untuk menyusun dan
mengontrol semua kegiatan untuk memelihara, mengembangkan, mendapatkan ataupun
menggunakan seluruh tenaga kerja sesuai dengan beban kerja sehingga tujuan dari
organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya dapat tercapai.
Administrasi kepegawaian
adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan
pegawai (tenaga kerja) untuk mencapai tujuan. Sedangkan administrator bertujuan
untuk menyusun dan mengendalikan seluruh aktivitas untuk memelihara,
mengembangkan, mendapatkan maupun menggunakan para pegawai sesuai dengan beban
kerja untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah di tentukan
sebelumnya.
Pada umumnya yang dimaksud
dengan kepegawaian adalah segala hal mengenai kedudukan, kewajiban, hak dan
pembinaan pegawai. Pegawai merupakan tenaga kerja manusia, jasmaniah maupun
rohaniah (mental dan fikiran), yang senantiasa dibutuhkan dan karena itu
menjadi salah satu modal pokok dalam badan usaha kerja sama untuk mencapai
tujuan tertentu (organisasi). Administrasi kepegawaian adalah seluruh
aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai
(tenaga kerja) untuk mencapai tujuan.
2.
Pengertian Kepegawaian
Dan Administrasi
Pada umunya yang dimaksud
dengan kepegawaian adalah segala hal mengenai kedudukan,. Kewajiban, hak dan
pembinaan pegawai. Pegawai merupakan tenaga kerja manusia, jasmaniah maupun
rohaniah (mental dan fikran), yang senantiasa di butuhkan dan karena itu
menjadi salah satu modal pokok dalam badan usaha kerja sama untuk mencapai
tujuan tertentu (organisasi).
Menurut “Kamus Besar Bahasa
Indonesia”, Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan
tujuan serta penetapan cara-cara penyelengaraan pembinaan organisasi. Sedangkan
Kepegawaian adalah yang berhubungan dengan pegawai (orang yang bekerja pada
pemerintah/perusahaan)
3.
Pengertian
Menurut Para Ahli Administrasi Kepegawaian
beberapa definisi menurut
pendapat para ahli yaitu :
·
Edwin B.Flippo : Dalam bukunya personel
management, mengatakan: “personal management is the planning, organizing
directing and controlling of the procurement, development, competation,
integration, maintenance, and separation of human resources to the and that
individual, organizational, and socieatal objectives are accomlished”.(1988:1.6).
(manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian,
pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan
perusahaan individu, karyawan dan masyarakat).
·
Dole Yoder : Personal management is the
provision of leadershif and direction of people in their working or amployment
relationshif. (1990:11). (manajemen personalia adalah penyediaan kepemimpinan
dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka).
·
Andrew F. Sikula : Personel administration
is the implementation of human resources (man power) by and withim and
enterprise.(1990:11). (administrasi kepegawaian adalah penempatan orang-orang
kedalam suatu perusahaan).
·
Drs. Manullang : Administrasi Kepegawaian adalah
suatu ilmu yang mempelajari cara bagaimana memberikan fasilitas untuk
mengembangkan kemampuan dan rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan
aktifitas demi tercapainya tujuan.
·
Drs F.X Soedjadi, M.P.A : Administrasi
Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan
agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat dan fungsi
organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya.
·
Paul Pigor : Administrasi Kepegawaian adalah suatu kecakapan atau seni dari
perolehan, pengembangan dan pemeliharaan angkatan kerja sedemikian rupa untuk
melaksanakan fungsi serta tujuan organisasi dengan se-efisien dan se-ekonomis
mungkin.
·
The Liang Gie : Administrasi Kepegawaian adalah segenap aktivitas yang
bersangkutan dengan masalah penggunaan tenaga kerja untuk mencapai tujuan
tertentu.
Dapat disimpulkan bahwa Administrasi Kepegawaian adalah suatu tata cara
atau prosedur tentang cara-cara mengorganisasi dan memperlakukan orang yang
bekerja sedemikian rupa sehingga mereka masing-masing mendapatkan hasil yang
sebesar-besarnya dari kemampuannya sehingga memperoleh efisiensi yang maksimum
untuk dirinya sendiri dan golongannya.
·
Menurut Sondang P. Siagian ( 2002:2)
“ Administrasi adalah keseluruhan proses
kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas
tertentu unutkmencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”.
·
Menurut Miftah Thoha (1978:8)
“ Administrasi adalah proseskegiatan penataan usaha kerja sama sekelompok
orang unutk mencapai tujuan tertentu”. Administrasi kepegawaian dapat
dirumuskan sebagai berikut:
a. Sebagai
“Ilmu”Mempelajari segenap proses penggunaan tenaga manusia sejak penerimaan
hingga pemberhentiannya.
b. Sebagai
“Proses”
Proses penyelenggaraan politik kepegawaian
(kebijkasanaan politik kepegawaian = personel policy) atau program kerja/tujuan
yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia yang di gunakan dalam usaha kerja
sama unutk mencapai tujuan tertentu.
c. Sebagai
“Fungsi”
Mengatur dan mengurus penggunaan tenaga kerja manusia dalam suatu usaha
kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu, yang meliputi
kegiatan:
- Merumuskan
tujuan, sasaran pokok kebijaksanaan politik dan,
- Menyusun
organisasi untuk menyelenggarakan pelaksanaan tujuan sasaran
pokok/kebijaksanaan politik itu.
d. Sebagai
“Seni”
Seni memilih pegawai baru serta menggunakan pegawai-pegawai lama dengan
cara sedemikian rupa, sehingga dari segenap tenaga kerja manusia itu diperoleh
hasil dan jasa yang maksimal baik mengenai jumlah maupun mutunya.
·
Menurut Prof. Dr. R Arifin Abdulrachman,
Administrasi kepegawaian negara adalah salah satu cabang dari administrasi
negara yang berkaitan dengan segala persoalan mengenai pegawai-pegawai negara
(1960:5). Selanjutnya kegiatan-kegiatan administrasi kepegawaian negara
meliputi :
1. Analisa jabatan, klasifikasi jabatan
dan evaluasi jabatan
2. Recruitment, ujian-ujian dan
penempatan
3. Training
4. Promosi dan transfer
5. Penggajian
6. Employee counselling
7. Personnel relations
8. Disiplin dan moral
9. Catatan kepegawaian
·
Menurut Paul Pigors dan Charles A. Myers serta Thomas G Spates
berpendapat bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu tata cara atau prosedur
tentang cara-cara mengorganisasi dan memperlakukan orang yang bekerja
sedemikian rupa sehingga mereka masing-masing mendapatkan hasil yang
sebesar-besarnya dari kemampuannya, jadi memperoleh efisiensi yang maksimum
untuk dirinya sendiri dan golongannya. Disamping itu untuk perusahaan, di mana
mereka merupakan bagian yang menentukan keuntungan yang bersifat kompetitif dan
hasil yang optimum (1961:12)
Kalau kita perhatikan rumusan di atas, nampak bahwa perumusan tersebut
ditekankan pada dua hal, yakni:
1. Administrasi kepegawaian didasarkan
atas suatu tata cara, dari mana diperoleh sudut pandangan dan teknik-teknik
mengawasi orang-orang yang sedang bekerja.
2. Administrasi kepegawaian yang baik
membantu individu untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dan tidak hanya untuk
mendapatkan kepuasan individu yang maksimum dari pekerjaannya, tetapi juga
kepuasan sebagai bagian dari suatu kelompok pekerjaan.
·
Menurut Lawrence A. Appley, manajemen dan administrasi kepegawaian
adalah satu dan tidak dapat dibedakan satu sama lain. Administrasi kepegawaian
mula-mula menjadi bagian dari manajemen ilmiah, terutama dalam hubungannya
dengan employment, ujian, penempatan, penentuan upah dan penilaian hasil kerja.
Manajemen yang baik berarti memperoleh hasil yang efektif melalui orang-orang.
Manajer yang berhasil mendapatkan orang-orang untuk diajak bekerja sama, bukan
karena ia mempunyai kekuasaan terhadap mereka dan dapat memerintahkan untuk
melaksanakan pekerjaan yang dikehendakinya, akan tetapi karena ia merupakan
seorang pemimpin yang dicintai oleh orang-orang bawahannya, sehingga
orang-orang ini suka bekerja dengan giat dan sebaik-baiknya. Mendapatkan kerja
sama yang ikhlas dari bawahan merupakan persoalan manajemen.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar